Senin, 11 Agustus 2014

Timeline; Hari Pertama

Hari pertama Fortasi 2014 jatuh tepat di hari pertama siswa Mu'allimin masuk kembali ke madrasah, yaitu pada saat dilaksanakannya Upacara Awal Tahun Ajaran sekaligus Halal bi Halal Keluarga Besar Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Lebih tepatnya pada Hari Senin, 11 Agustus 2014.

Sebelum acara dimulai, pagi hari dibuka dengan upacara seluruh keluarga besar Mu'allimin dan dilanjutkan dengan "Salam Seribu Tangan" oleh seluruh keluarga besar Mu'allimin dari guru, pimpinan, siswa, sampai karyawan.  Setelah usainya acara tersebut, yaitu pada pukul 9.30, rangkaian acara Fortasi pun dimulai.



Pengarahan di lapangan parkir
Hari pertama Fortasi Mu'allimin 2014 dibuka dengan berkumpulnya tiap peserta dengan kelompoknya dan fasilitator pembimbing kelompoknya. Materi pertama setelah para eserta mengakrabkan diri dengan kelompoknya adalah Materi KeIslaman (Stadium General) yang dibawakan oleh Direktur Mu'allimin Periode 2005-2013, Ust. Ikhwan Ahada pada pukul 9.30 - 11.00 dan dilanjutkan dengan Small Group Discussion (SGD) sampai menjelang dzuhur. Kemudian siang harinya dilanjutkan dengan Materi KeMuhammadiyahan (Klasikal), dibawakan oleh 8 orang pemateri dari PW IPM Provinsi DI Yogyakarta dan satu guru Mu'allimin dan dibagi kelas per kelas (2 kelas untuk aliyah dan 7 kelas untuk tsanawiyah).

Warming-up sebelum materi

Peserta memperhatikan materi

Small Group Discussion pasca-materi

Sore harinya, dilanjutkan dengan materi KeIPMan yang disampaikan secara klasikal, dibawakan oleh 9 pemateri (4 dari PR IPM Mu'allimin dan 5 dari PD IPM Kota Yogyakarta). Materi KeIPMan dimulai pada pukul 15.30 dan berakhir pada 17.00, kemudian dilanjutkan dengan SGD dan setelah itu peserta kembali ke asrama masing-masing guna bersiap untuk mengikuti Fortasi sesi malam.

Sesi malam diisi dengan materi IV yaitu KePemimpinan yang disampaikan oleh pemateri dari PD IPM Kota Yogyakarta. Materi berlangsung pada pukul 19.45 - 21.15 setelah sebelumnya dilakukan Warming-up dan  setelah materi usai dilanjutkan dengan SGD selama 15 menit. Sesi materi di hari pertama pun usai dan para peserta kemudian diarahkan untuk kembali ke asrama untuk beristirahat dan bersiap menjalani hari kedua. (bersambung)

Di Tulis Oleh

Forum Ta'aruf dan Orientasi Siswa. Fortasi adalah tentang mengenal teman, mengerti lingkungan, menghargai persahabatan, memahami kehidupan. Fortasi. tempat kita merangkai cerita, menggubah karya, menyusun hidup penuh makna .

0 komentar :

Posting Komentar

 

Waktu Yang Berharga