Kamis, 07 Agustus 2014

Profil Ranting; PR IPM Mu'allimin

Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta; biasa disebut dengan sebutan "PR IPM Mu'allimin" atau "IPM Muin". Ranting ini adalah ranting IPM di Madrasah Mu'allimin Yogyakarta, ranting yang menaungi Fortasi Muallimin 2014. Kali ini kita bakal membahas tentang ranting kita ini




Sejarah
PR IPM Mu'allimin berdiri sejak tahun 1995, dimana pada saat itu IPM masih menggunakan nama IRM karena adanya peraturan dari pemerintah yang cukup ketat tentang organisasi kepelajaran. Walaupun dirintis pada 1995, sebenarnya organisasi kepelajaran bernuansa Muhammadiyah telah ada di Mu'allimin berpuluh tahun sebelumnya.

Tepatnya pada tahun 1924 didirikanlah organisasi pelajar di Mu'allimin yang bernama Sinar Kaum Muhammadiyah (SKM). SKM ini adalah organisasi yang sangat mirip dengan IPM baik itu basis massa maupun model pergerakannya, hanya saja perbedaanya adalah SKM lingkupnya terbatas hanya di Mu'allimin tanpa ada cabang sama sekali di sekolah lain seperti halnya IPM. SKM terus eksis keberadaannya di Mu'allimin walaupun IPM telah berdiri dan menjadi organisasi kepelajaran di sekolah-sekolah Muhammadiyah.



Setelah bertahun-tahun menentang arus, akhirnya pada 1995 setelah melalui proses dari penjajakan sampai pembuatan keputusan yang cukup berlarut-larut, SKM berganti menjadi IRM dengan pertimbangan bahwa Mu'allimin adalah sekolah kader Muhammadiyah, maka mu'allimin haruslah dapat mencetak kader dimulai dari IRM/IPM agar nantinya bisa melanjutkan tampuk kepemimpinan Organisasi Otonom (Ortom) Muhamadiyah secara berjenjang dan bermuara kepada kepemimpinan Persyarikatan Muhammadiyah.


Struktur Keorganisasian
Pada saat ini, PR IPM Mu'allimin memiliki Pimpinan Harian + 8 bidang. Bidang-bidang tersebut terdiri dari 3 bidang wajib (Perkaderan, Kajian Dakwah Islam, dan Pengkajian Ilmu Pengetahuan) dan 5 bidang tambahan (Bahasa, Olahraga, Kesenian, Sosial, dan Kewirausahaan). Sistem bidang ini serupa dengan ranting-ranting lain maupun jenjang pimpinan IPM yang lebih tinggi.

Sistem bidang di Mu'allimin sendiri merupakan sistem yang tergolong baru (mulai digunakan pada periode 2013/2014). Pada periode-periode sebelumnya PR IPM Mu'allimin memakai sistem departemen, yaitu setiap departemen dipimpin oleh koordinator tanpa ada sekretaris laiknya pada sistem bidang. Pada saat ini pun bidang-bidang yang ada mewarisi departemen-departemen pada era IPM terdahulu juga era SKM pada masanya.

PR IPM Muallimin periode 2013/2014 dipimpin oleh Ahmad Hawari Jundullah dengan total pimpinan berjumlah 56 orang. Untuk informasi lebih lanjut tentang jajaran PR IPM Muallimin dapat mengunjungi blog ipm di menu bidang, terdapat informasi tentang berbagai bidang dari bidang umum (ketua, sekretaris, dan bendahara) sampai bidang sosial.

Kontak dan Kantor
Dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, PR IPM Muallimin berkantor di Lantai 3 gedung BKKM Muallimin Jl. S.Parman No. 68 Ketanggungan, Wirobrajan, Yogyakarta 55012
Akun sosial media dan alamat blog PR IPM Muallimin adalah sebagai berikut :
Twitter       : @IPMMuin
Facebook  : IPM Muallimin
Blog             : ipm-muallimin.blogspot.com

Di Tulis Oleh

Forum Ta'aruf dan Orientasi Siswa. Fortasi adalah tentang mengenal teman, mengerti lingkungan, menghargai persahabatan, memahami kehidupan. Fortasi. tempat kita merangkai cerita, menggubah karya, menyusun hidup penuh makna .

0 komentar :

Posting Komentar

 

Waktu Yang Berharga