Selasa, 12 Agustus 2014

Timeline; Hari Kedua

Hari kedua alias hari terakhir materi dilaksanakan pada tanggal 12 Agustus 2014. Hari kedua ini diisi dengan 4 materi yang dibagi menjadi 3 sesi yaitu sesi pagi, sesi sore, dan sesi malam.



Di sesi pagi, ada materi untuk peserta tentang pengenalan kurikulum 2013 yang diberikan oleh KAUR Pengajaran. Peserta dibagi menjadi 2, yaitu kelompok aliyah dan kelompok tsanawiyah; aliyah menempati aula dan tsanawiyah menempati lapangan parkir, materi dilaksanakan pada pukul 7.15-8.45. Kemudian disusul materi kedua di sesi pagi pada pukul 9.30-11.00 yaitu materi Keasramaan dan KeMu'alliminan masih dengan model klasikal dengan menggunakan 9 kelas, materi disampaikan oleh alumni Mu'allimin yang rata-rata merupakan musyrif di Mu'allimin sendiri.


Pengenalan Kurikulum 2013 (Tsanawiyah)

Pengenalan Kurikulum 2013 (Aliyah)

Di siang hari setelah sholat dzuhur, peserta hanya diberikan sedikit materi yaitu tentang lagu-lagu meriputi Mars Sang Surya, Mars IPM, Mars SKM, dan Kesadaran Seorang Anak. Setelah selingan ringan tersebut, kemudian peserta diarahkan untuk beristirahat di asrama masing-masing karena telah menjalankan 1,5 hari yang sangat padat dan acara pun masih menyisakan beberapa hari.


Tampak peserta dan co-card hasil kreatifitas mereka



Panitia membimbing sesi lagu-lagu

Setelah beristirahat dan bersiap, peserta kembali lagi berkumpul di lapangan parkir untuk bersiap mengikuti 2 materi yang tersisa, yaitu materi ke-6 (KeOrgantrian) di sore hari dan Materi ke-7 (Materi Tema) di malam hari. Materi KeOrgantrian berbentuk stadium general semacam diskusi panel, yaitu materi general tetapi dengan beberapa pemateri. Para pemateri adalah pimpinan setiap Organtri (Organisasi Santri) di Mu'allimin yang berjumlah 6 orang (seharusnya 7, minus PMR), materi KeOrgantrian berlangsung pada pukul 15.30-17.00 setelah dibuka dengan warming-up  sebelum dimulai dan diakhiri dengan SGD pasca materi.

Sholat maghrib berjamaah

Di sesi malam tanpa kembali ke asrama sebelumnya, peserta menjalani materi terakhir di Fortasi Mu'allimin 2014 yaitu Materi Tema. Materi tema ini adalah materi khusus di Fortasi 2014, menyesuaikan dengan tema yang diusung oleh PD IPM Kota Yogyakarta pada Fortasi tahun ini, yaitu "Bukan Baca Biasa, Berkarya Luar Biasa. Selain itu, materi ini juga memuat penjelasan tentang tema yang diusung Panitia Fortasi Mu'allimin 2014, yaitu "Dengan Membaca Ku Ukir Karya, Dengan Berkarya Ku Ubah Dunia".

Materi terakhir, Materi Tema

Setelah serangkaian materi di hari ini, peserta diarahkan panitia untuk menginap di madrasah. Peserta menginap di aula madrasah pada malam harinya agar dapat melaksanakan shalat tahajjud secara berjamaah, selain itu juga diagendakan renungan setelah dilaksanakannya s

Di Tulis Oleh

Forum Ta'aruf dan Orientasi Siswa. Fortasi adalah tentang mengenal teman, mengerti lingkungan, menghargai persahabatan, memahami kehidupan. Fortasi. tempat kita merangkai cerita, menggubah karya, menyusun hidup penuh makna .

0 komentar :

Posting Komentar

 

Waktu Yang Berharga